thinking, person, person thinking

TIPS MEMILIH PENYEDIA LAYANAN CONVERT PULSA

Sekarang di era kemajuan teknologi yang begitu pesat. Banyak sekali metode pembayaran yang dilakukan melalui virtual atau digital. Tidak sedikit masyarakat yang mualai meninggalkan metode konvensional ke metode pembayaran digital. Coba bayangkan berbagai kemudahan ketika menggunakan uang digital, Sobat tidak usah lagi membawa dompet atau uang cash. Sobat hanya perlu membawa smartphone dan semuanya akan beres.

            Salah satu kemajuan dalam bidang teknologi pembayaran adalah menukar pulsa dengan saldo uang dibank maupun saldo dengan sistem pembayaran saat ini, seperti menggunakan layanan GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya. Namun agar tidak mudah tertipu Sobat juga perlu hati – hati dan cermat. Selain itu Sobat juga perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai seluk beluk dalam memilih  penyedia layanan convert pulsa.

Berikut tips – tips dalam memilih penyedia layanan yang dapat dipercaya dan aman:

  1. Lakukan riset atau pendalaman mengenai penyedia layanan

            Biasanya penyedia layanan memiliki akun atau situs resmi. Sobat bisa mencoba untuk melihat dan menilainya mulai dari situs website, facebook, dan akun lainnya yang digunakan oleh penyedia layanan. Apabila Sobat hanya menemukan beberapa saja akun media sosial atau situs yang digunakan, ini adalah salah satu faktor yang dapat dicurigai. Setelah mendapatkan akun yang dimiliki penyedia layanan, lakukan pemantauakan mengenai ulasan – ulasan atau testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan.

            Kemudian setelah itu, coba Sobat juga menghubungi nomor telephone yang biasanya tertera pada situs resmi yang mereka miliki. Lakukan konfirmasi dan pengecekan terhadap ke-validan nomer telephone.

            Tahap terpenting dari poin ini adalah melihat secara sekilas mengenai penampilan yang meyakinkan baik situs yang dimiliki maupun nomer telephone yang dihubungi sebelumnya.

  1. Melihat Kebijakan Situs pemberi layanan convert pulsa terhadap data pribadimu

            Saat ini, di era big data Sobat perlu lebih hati – hati dan selektif terhadap situs – situs yang memiliki kemungkinan untuk memanfaatkan data pribadi Sobat untuk kepentingan pribadi mereka. Kasus penggunaan data ini seperti yang terjadi pada data facebook. Pola pikirnya seperti ini, situs besar seperti facebook saja bisa menyalahgunakan data penggunanya. Apalagi dengan situs – situs yang belum diketahui kebenarannya.

            Maka penting bagi Sobat untuk melihat ketentuan yang dimiliki oleh situs penyedia. Sehingga apabila suatu saat nanti terjadi penyalahgunaan data, Sobat bisa menuntutnya kepihak yang berwajib (contohnya pihak kepolisian).

            Kemudian baca juga kebijakan pengembalian pulsa apabila penyedia layanan tidak bisa mengirim uang atau saldo sesuai yang telah disepakati sebelumnya.

  1. Jangan Mudah Tergoda dengan Iklan atau Penawaran yang Murah

            Jangan terburu – buru dalam memilih situs yang aman. Biasanya modus penipuan dilakukan melalui iming – iming harga yang murah. Apalagi ketika penyedia layanan meminta email dan password Sobat. Itu harus lebih diperhatikan lagi. Hal itu biasanya kerjaan dari yang namanya spammer. Tapi bagi Sobat, spammer sangat lihay untuk merayu.

            Pernah terjadi kasus, penipuan dilakukan dengan menggunakan email yang telah di retas tersebut. Penipu seolah – olah sebagai perusahaan resmi yang mengirimi penawaran atau anjuran untuk mengunjungi situs yang telah mereka sediakan. Sebaiknya, apabila mendapatkan email tersebut untuk melakukan kunjungan ke situs – situs resmi.

  1. Carilah Tanda Kalau Situs web yang digunakan aman

            Tanda – tanda yang bisa Sobat pelajari cukup banyak. Pertama, Sobat bisa melihat tanda berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Jadi sebelum menggunakan situs penyedia layanan sebaiknya melihat dulu tanda awal tersebut.

            Kedua, biasanya alamat web berupa ‘https’, apabila pemberi layanan memiliki tanda tersebut berarti informasi pembayaran telah dilindungi dan lebih aman. Poin terpenting dari poin adalah jangan memasukkan informasi pribadi seperti nomer kredit, ktp, dan lain sebagainya.