Cara Hemat Listrik AC Biar Tagihan Turun Drastis!

Cara Menghemat Listrik AC – Dalam perkembangan dari tahun ke tahun, biaya listrik semakin melonjak tinggi, akan tetapi banyak dari kita yang membutuhkan AC di dalam kamar ataupun tempat kerja kita.

Dan di akhir bulan, kita biasa menghela nafas panjang ketika melihat tagihan listrik nya, memang pasti berbeda jika kita tidak memakai AC, Tetapi AC juga merupakan salah satu kebutuhan kita bukan?

Maka dari itu saya akan kasih untuk kamu semua, Cara SAKTI menghemat biaya listrik tanpa harus membuang AC Anda :

  1. Suhu Jangan di Bawah 22 Derajat
    Banyak orang yang mengatur suhu AC di angka 16-18 derajat agar ruangan jadi lebih cepat dingin. Padahal cara ini sangat salah karena mesin AC akan selalu bekerja lebih keras, sehingga daya listrik yang digunakan pun besar.

    Kenapa demikian? Begini penjelasannya, suhu ruangan di Indonesia hampir tidak mungkin ada pada angka 16 derajat. Mesin AC akan bekerja dengan stabil jika sudah sesuai dengan suhu ruangan. Perlu Anda ketahui bahwa suhu ruangan di Indonesia umumnya sekitar 22 derajat.

Baca Juga : Apartement The Lana Alam Sutera, Mewah & Best Profit!

2. Pastikan Ruangan Selalu Tertutup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, AC akan berusaha menyesuaikan dengan suhu ruangan. Ketika pintu ruangan terbuka, maka AC akan berusaha untuk terus menerus menyesuaikan suhu. Oleh sebab itu, pastikan ruangan benar-benar tertutup ketika AC dinyalakan.

Bagaimana dengan AC di ruangan terbuka, seperti ruang keluarga? Khusus untuk hal ini, tentunya AC memang akan sulit mencapai suhu rata-rata karena ruangan lebih terbuka dan juga luas. Kondisi ini juga menyebabkan AC akan terus bekerja maksimal.

3. Bersihkan AC Setiap 3 Bulan

Tahukah Anda? Ternyata tingkat kekotoran AC akan berpengaruh pada kinerja mesin AC. Apabila AC kotor, maka mesinnya akan membutuhkan kerja ekstra untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan. Bukan hanya bisa boros listrik, AC Anda pun akan cepat rusak.

Idealnya, AC di rumah harus dibersihkan secara rutin minimal setiap tiga bulan. Apabila dalam kurun waktu tiga bulan terlihat masih bersih, belum tentu bagian dalamnya juga bersih ‘kan? Mulai sekarang, jangan acuhkan kebersihan AC, ya!

4. Pastikan Ruangan Bebas Debu

Lho? Memang apa hubungannya AC dengan kebersihan ruangan? Eits… ternyata debu adalah musuh utama dari AC! Bagian yang harus Anda perhatikan kebersihannya adalah dinding dan bagian atas lemari.

Apabila ada debu yang menumpuk dan kemudian tersedot sedikit demi sedikit oleh AC, maka mesin pun akan sulit bekerja mendinginkan udara. Kalau sudah begini, listrik pun akan lebih banyak tersedot. Di sisi lain, tentunya Anda jadi harus lebih sering membersihkan AC.

 

5. Beri Jeda Saat Menyalakan AC

Anda pernah tiak sengaja menekan tombol off AC? Apa yang selanjutnya dilakukan? Kalau jawabannya langsung menekan kembali tombol tersebut untuk membuat AC kembali menyala, sebaiknya mulai sekarang lebih berhati-hati.

Disadari atau tidak, kebiasaan tersebut akan membuat AC jadi mudah rusak. Tegangan listrik pun menjadi tidak stabil karena mesin dipaksa langsung kembali menyala. Apabila hal seperti ini terjadi, sebaiknya diamkan dulu beberapa saat dan selanjutnya AC bisa dinyalakan seperti biasa.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat listrik tetap hemat walau menggunakan AC di rumah. Semoga cara-cara ini bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa menjadi solusi yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.